Di Bidang Lingkungan Hidup
Perseroan senantiasa menjaga keseimbangan antara praktik
bisnis dan lingkungan sekitar melalui kebijakan dan program yang disusun
Perseroan. Cara yang paling efektif di dalam penerapan program tanggung jawab
sosial perusahaan di bidang lingkungan hidup terkait aktivitas pengembangan
properti yang dilakukan perusahaan adalah dengan menanamkan inisiatif ramah
lingkungan ke dalam proses bisnis perusahaan.
Komitmen Perseroan dimulai dengan mengedukasi karyawan agar dalam setiap
kegiatan operasional, baik itu di kantor maupun di lapangan, untuk tidak
mengesampingkan aspek lingkungan hidup, dan menjaga kelestarian lingkungan.
Perseroan telah menetapkan kebijakan terkait dengan lingkungan hidup berupa
himbauan yang diterapkan secara ketat untuk melakukan penghematan energi
terutama di lingkungan Perseroan, penghematan penggunaan kertas, dan pembuangan
sampah secara teratur dengan memisahkan jenis sampah organik dan non organik.
Sejalan dengan posisi Perseroan sebagai pemimpin pasar, Perseroan dan semua
entitas anaknya senantiasa mengusahakan menyisihkan paling tidak 20% dari lahan
yang dikembangkan untuk ruang hijau, dan dengan demikian memelopori pendekatan
ramah lingkungan kepada kehidupan urban, mengurangi emisi karbon dan
meningkatkan kualitas udara bagi lingkungan.
Semua komplek komersial pusat perbelanjaan yang dikembangkan Perseroan dan
entitas anaknya menggabungkan fitur ramah lingkungan yang diukur berdasarkan
kriteria-kriteria antara lain: efisiensi energi, penggunaan pendingin ruangan
hemat energi, penggunaan penerangan alami, penggunaan ventilasi alami,
penggunaan instalasi dan setelan hemat air, penggunaan alat deteksi kebocoran
air, pengelolaan sistem pendaur-ulangan air, penggarapan taman dan lansekap,
kenyamanan termal, tingkat kebisingan suara, deteksi serta penanggulangan
polutan udara di dalam ruangan untuk mewujudkan lingkungan nyaman dan sehat.
Sistem pengelolaan limbah di setiap properti pengembangan Perseroan dan entitas
anaknya juga selalu menjadi perhatian. Limbah dari tower-tower dalam suatu
komplek diproses menjadi pupuk kompos ramah lingkungan tanpa aditif kimiawi,
dan dimanfaatkan kembali untuk pertamanan dan lansekap di komplek tersebut.
Sampah non-organik, seperti botol plastik dan kantong plastik dipilah oleh
rekanan pengumpul sampah untuk dijualnya sehingga memberi pemasukan kepada
pengumpul sampah tersebut.
Di Bidang Pendidikan
Perseroan telah mengembangkan pusat pelatihan internal Agung
Podomoro Land Learning Center (APL-LC) yang berfokus meningkatkan pengetahuan
dan kemampuan karyawan. APL-LC juga bekerja sama dengan Yayasan Agung Podomoro
Land dan Agung Podomoro Recruitment Center membuka kesempatan kerja bagi para
siswa kurang mampu namun memiliki performa yang tinggi. Program tanggung jawab
sosial perusahaan juga diterapkan Perseroan dengan pemberian dukungan pendidikan
bagi anak-anak kurang mampu dengan memberikan beasiswa dan sarana penunjang
pendidikan lainnya.
Di Bidang Sosial, Budaya, dan Kesehatan
Program tangung jawab sosial perusahaan yang dilakukan
Perseroan dalam bidang sosial, budaya, dan kesehatan merupakan respon dan
bentuk kepedulian perusahaan terhadap kebutuhan masyarakat sekitar, yang antara
lain direalisasikan dalam bentuk pemberian bantuan terhadap kegiatan sosial
masyarakat sekitar, pengobatan gratis, pemberian sarana penunjang bagi yayasan
dan organisasi sosial kemasyarakatan.
Di Bidang Olahraga
Perseroan juga merasa perlu bertanggung jawab terhadap
kemajuan dan minat berolah raga masyarakat untuk terciptanya manusia-manusia
yang berprestasi di suatu bidang olah raga, maupun untuk kesadaran hidup sehat
pribadi-pribadi masyarakat sendiri.
Di Bidang Keagamaan
Tanggung jawab sosial perusahaan di bidang keagamaan yang
dilakukan Perseroan dimaksudkan untuk memberikan pembinaan sosial keagamaan
bagi masyarakat sekitar, yang antara lain diwujudkan dalam bentuk kegiatan
perayaan hari-hari besar keagamaan, kepedulian kepada anak yatim, dan bantuan
perbaikan prasarana tempat ibadah.
Komitmen Perseroan terhadap program tanggung jawab sosial perusahaan diharapkan
dapat:
• meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperbaiki lingkungan;
• mengembangkan nilai dan budaya perusahaan yang sesuai prinsi-prinsip tata
kelola perusahaan yang baik dan peraturan yang berlaku;
• menimbulkan keunggulan kompetitif perusahaan;
• mampu menarik dan mempertahankan pekerja, pelanggan, klien/pengguna;
• memelihara moral, komitmen dan produktivitas pekerja;
• membina hubungan baik dengan perusahaan lain, pemerintah, media, pemasok,
rekanan, pelanggan, dan masyarakat sekitar;
yang pada akhirnya diharapkan menimbulkan pengaruh positif dalam memajukan
perusahaan, baik secara langsung, maupun tidak langsung, ataupun terhadap
produk yang dipasarkan oleh perusahaan, dan seterusnya membentuk citra positif
perusahaan, serta membangun rasa kepercayaan publik, pemegang saham dan
pemangku kepentingan terhadap perusahaan.
sumber: http://www.agungpodomoro.com/index.php?i=20&cid=19&lang=ind
Tidak ada komentar:
Posting Komentar